RESUME Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) Mahasiswa Baru Universitas Jember 2015



Assalamu’alaykum Wr.Wb,  Apa kabar MABA UNEJ ? Masih semangat bukan? Setelah 2 hari menjalani ‘Caractrer Building’ di Secaba yang di bagi menjadi 5 gelombang.  Didik oleh bapak tentara langsung  dan dibekali ilmu. It’s the best experience. :D Oke, disini saya akan meresume kegiatan selama PK2 Mahasiswa Baru Universitas Jember 2015.
Minggu, 9 Agustus 2015 Hari pertama camaba datang ke kampus tepatnya pukul 15.30 – 17.00 di Stadion UNEJ, untuk melaksanakan gladi bersih pembukaan Upacara Pelantikan dan serah terima mahasiswa baru. 
Senin, 10 Agustus 2015 Tibalah upacara resmi ‘Pelantikan dan Serah Terima Mahasiswa Baru Universitas Jember 2015’.  Sekitar 6000 lebih mahasiswa baru yang di lantik. Luarbiasa! Selamat buat kalian yang telah lolos dengan seleksi yang cukup ketat persaingan 1 : 13, banyak di luarsana yang ingin masuk di universitas ini. Kalian harus sungguh – sungguh dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Sahut rektor saat sambutan upacara, dan alhamdulillah baru saja Universitas Jember Terakreditasi ‘A’. Wooww, Amazing! Congratulation... ^_^ Setelah upacara, kita di giring ke fakultas masing – masing. Tepatnya saya di Fakultas Sastra, kami berkumpul dengan para dekan, dosen, dan kakak tingkat untuk pelaksanaan peneriman di fakultas masing – masing.  Sedikit pengenalan dan penjelasan mengenai materi PK2.
Selasa, 11 Agustus 2015 Hari pertama pelaksanan PK2.  Pagi – pagi kami diajarin menyanyi  Hymne dan  Mars Universitas Jember. “Semoga berseri alamamater tercinta...” Begitulah sepenggal nyanyiannya. Hehe  Kemudian di lanjutkan materi yang sudah di tentukan. 1) Pendidikan Tinggi di Indonesia dan Kegiatan akademik. Sedikit penjelasan mengenai fenomena pendidikan masa kini dan penjelasan kegiatan akademik. Lulusan Sarjana harus bisa mempertanggungjawab kualitas pendidikannya. Ada bedanya antara orang yang pernah mengenyam dunia kampus dengan yang tidak. 2) Strategi Belajar di Perguruan Tinggi. Sesuatu kewajiban seorang pelajar adalah “BELAJAR”. Kita harus pandai – pandai memanagement waktu sebaik mungkin, dan mentarget. Bisa lulus 3,5 ? BISA dong ! :D Lulus tepat waktu dan tercepat ! Menyeimbangan antara belajar dan bersenang 0 senang.  PRINSIP BELAJAR “Belajar adalah hal pribadi, motivasi adalah kuncinya”.  3) Kode Etik Mahasiswa. Menjelaskan beberapa kode etik. Diantaranya  kode etik di lab, kde etik tugas, kode etik ujian. 4) Pengembangan Kemahasiswaan dan layanan mahasiswa
Rabu, 12 Agustus 2015  Mengisi daftar hadir, menyanyikan Hyme dan Mras Universitas Jember. Di lanjutkan materi 1) Sifat Kristis. Sebagai mahasiswa kita seharusnya mempunyai sifat ini. Berikut trik cara berpikir kristis, jangan menerima info apapun mentah mentah. “IF YOU WANT BE SUCCESSFULL , YOU MUST CRITICAL”.  NICE TRY! ^_^  2) Ketrampilan berkomunikasi, Sebagian besar keberhasilan dan kegagalan di dunia ini karena soal komunikasi.  
Kamis, 13 Agustus 2015 Mengisi daftar hadir, menyanyikan Hymne dan Mars Universitas Jember.  Dilanjutkan materi. 1) Pola Pikir Prestatif.  “Great minds discuss ideas. Avarage minds discuss event. Small mind discuss people. –Eleanor Rossevelt-  Mereka yang sukses adalah mereka yangs elalu menggunakan kekuatan pikiran untuk terus memperbaikan hidupnya sehingga lebih baik. Perbedaan orang sukses dan gagal adalah “cara berpikir”.  Keberhasilan itu ada didalam pikiran kita ! Jika kamu tidak ingin dikalahkan musuhmu, pelajari ilmu musuhmu. 2) Pengenalan dan Pengembangan Diri. Bukan dimana kamu belajar, dan dengan siapa kamu belajar tapi bagaimana kamu berproses. ^_^
Jum’at, 14 Agustus 2015 mengisi daftar hadir, menyanyikan Hymne dan Mars Universitas Jember. Dilanjutkan Penjelasan dan pengisian Formulir Rencanba Studi (FRS) secara online.
Senin, 17 Agustus 2015 Ulang tahun Kemerdekan yang ke-70. Seluruh Mahasiswa Baru, dosen, dan para dekan mengikuti upacara. Selain itu juga pelepasan balon, kerjasama UNEJ dengan Telkom. Satu – satunya universitas di Jawa Timur yang mempelopori penggunakan teknologi.
Selasa, 18 Agustus 2015 Giliran gelombang IV untuk mengikuti Caracter Building. Yang terdiri dari Fakultas Teknik, Fakultas FISIP, dan Fakultas Sastra. Sang fajar mulai menyapa, pukul 06.00 kami berkumpul di stadion unej. Melaksanakan upacara penerimana dari UNEJ ke pihak Secaba. Setelah itu kami sarapan pagi bersama dan berangkat menuju secaba jalan kaki sekitar km. Perjalanan yang cukup melelahkan. Sesampai di secaba kita di giring ke lapangan berbaris. Ada beberapa games melatih kekompakan dan bernyayi yel – yel.  Lalu kami di giring ke barak masing – masing.
Rabu, 19 Agustus 2015 Sang raja siang mulai menyingsing,  kami berkumpul di lapangan hitam untuk olahraga pagi dan sarapan. Setelah itu kami mengikuti materi di AULA. 1) Mengenai wawasan kebangsaan. Sudah pantasnya kita flashback bagaimana perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan Indonesia. “Jangan tanyakan apa yang telah negara berikan kepadamu. Tapi, tanyakan apa yang telah kamu sumbangkan untuk bangsamu.”  2) Teknik bertanya dan menjawab TNI 3) Etika di dalam ruang maunpun di luar. Di akhir agenda kami berkumpul untuk upacara penutupan, lalu kembali ke stadion unej. Sesampai disana istirahat, kemudian upacara penerimaan dari pihak secaba ke Unej dan di pulangkan ke rumah masing – masing. Sekian, sepenggal resume PK2 Universitas Jember 2015. 

SEMANGAT WAHAI MABA ! ^_^


Syukron katsiraa...
 Wassalamu’alaykum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untukmu Tuan Yang Belum Bernama

Dua menjadi satu

Cinta dalam diam